Indonesian Instant Foods and Snacks

Awug

Image by Thegoenasgar (@photobucket)

Awug adalah makanan tradisional Sunda (Jawa Barat). Makanan ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang ditambah dengan parutan kelapa. Makanan ini masuk kategori makanan ringan. Awug biasanya disajikan pada saat acara-acara adat tradisional masyarakat suku Sunda. Namun saat ini awug sudah bisa dinikmati pada hari-hari biasa.

Awug enak untuk disajikan pada saat masih hangat, dengan ditemani oleh secangkir teh atau kopi atau bajigur dan bandrek sungguh nikmat. Untuk Anda yang belum pernah menikmati bagaimana rasanya makanan yang satu ini bisa pergi jalan-jalan ke Tanah Pasundan, seperti ke daerah Bandung, Kuningan, dll, banyak penjual awug yang berjualan di foods corner.

Bagi yang mau membuatnya sendiri bisa dengan mulai menyiapkan bahan ; beras, gula merah, daun pandan, kelapa,garam, daun pisang. Cara buatnya tergolong mudah yakni pertama bersihkan beras yang akan dibuat tepung dan rendam selama satu malam sebelum ditepung keesokan harinya. Daun pandan bisa digunakan sebagai pengharum dengan cara diikutkan sehelai untuk digiling bersama beras. Setelah nya tiriskan tepung beras menggunakan tampan. Siapkan bahan lainnya daun pandan dipotong persegi atau disiapkan satu helai, haluskan gula merah, parut kelapa, dan bersihkan daun pisang. Siapkan alat kukus , sebagian orang membungkus awug dengan daun pisang kecil-kecil sebagian mengukusnya pada “aseupan” dan “langseung” alat tradisional untuk mengukus nasi semacam tembikar. Kukus bahan dengan menempatkan terlebih dahulu alas yakni daun pisang kemudian tepung beras yang telah dicampur sedikit garam dan daun pandan, kemudian tambah gula merah ditengah dan tutup kembali dengan tepung beras. Ketika sudah matang terlihat dari bahan menjadi mengembang dan empuk, kemudian angkat dan sajikan dengan ditambah parutan kelapa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *